Jumat, 24 September 2010

Tanda-tanda akhir jaman

Tanda-tanda akhir jaman


Kiamat sebentar lagi! Benarkah?
Iya, Tuhan Yesus akan datang segera. Namun bukankah Wahyu itu ditulis 2000 tahun yang lalu? Bagaimanakah kita mengetahui bahwa kita sedang berada di akhir jaman?


Tidak hanya pertanyaan-pertanyaan di atas menarik, tetapi juga sangatlah penting untuk dipertanyakan. Tuhan Yesus bahkan pernah mengkritik orang Farisi yang tidak peduli dengan tanda-tanda jaman (Mat 16:2-3).

Tanda-tanda Akhir Jaman, sumber: Alkitab
Alkitab memberitahu kita banyak nubuat mengenai kedatangan Tuhan kembali, dan tanda-tanda akhir jaman. Di Bukit Zaitun, Tuhan Yesus sendiri mengajarkan murid-murid-Nya mengenai tanda-tanda tersebut. Semua itu dilakukan agar murid-murid-Nya, termasuk kita, dapat tetap waspada dan tidak tersesat oleh ajaran-ajaran palsu.


Ketika itu, Tuhan Yesus sedang berbicara dengan murid-murid-Nya sendirian. Mereka bertanya kepada Tuhan, mengenai tanda kedatangan Tuhan dan tanda akhir jaman (Mat 24:3).

Tuhan Yesus menjawab:

1.. Banyak orang akan datang dengan memakai nama-Nya, sambil berkata: �Akulah Kristus� (Mat 24:5)
2.. Akan terjadi banyak peperangan. (Mat 24:6-7)
3.. Kelaparan di berbagai tempat (Mat 24:7)
4.. Gempa bumi di berbagai tempat (Mat 24:7)
5.. Penganiayaan dan kebencian oleh semua bangsa karena nama Tuhan (Mat 24:9)
6.. Banyak orang murtad, saling menyerahkan dan saling membenci (Mat 24:10)
7.. Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang. (Mat 24:11)
8.. Banyak orang akan menjadi durhaka dan tidak mengasihi orang lain (Mat 24:12)
Kita semua sudah tahu dengan pasti, apakah jawaban dari Tuhan Yesus di atas sedang atau telah digenapi. Berita-berita itulah yang setiap hari kita dengar setiap kali kita membaca surat kabar atau mendengarkan siaran berita di televisi dan radio.

Selain daripada yang disebutkan di atas, Tuhan Yesus juga menyebutkan bahwa Injil Kerajaan Allah akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa. Sesudah itu barulah tiba kesudahannya (Mat 24:14). Dan saat ini, Injil Kerajaan Allah sedang atau barangkali sudah diberitakan di seluruh dunia dan menjadi kesaksian bagi semua bangsa. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat canggih, Injil Kerajaan Allah diberitakan di mana-mana melalui media masa seperti TV, Radio, Internet, Handphone, dll.

Tuhan Yesus juga meminta kita untuk menarik pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: yaitu apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kita tahu, bahwa musim panas sudah dekat (Mat 24:32-34, Luk 21:29-31). Pohon ara melambangkan bangsa Israel. Tuhan pernah berfirman kepada Yeremia: â?oSama seperti buah ara yang baik ini, demikianlah Aku akan memperhatikan untuk kebaikannya orang-orang Yehudaâ?¦â? (Yer 24:5). Hosea menuliskan: â?oSeperti buah-buah anggur di padang gurun Aku mendapati Israel dahulu; seperti buah sulung sebagai hasil pertama pohon ara Aku melihat nenek moyangmuâ?¦.â?(Hos 9:10).

Di tahun 70 M, bait Allah dihancurkan. Sejak itu bangsa Israel tidak lagi mempunyai tempat untuk memberikan kurban persembahan. Karena Yerusalem hancur, seluruh bangsa Israel diusir dari tanahnya sendiri dan tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Pohon ara yang mulai bertunas melambangkan bangsa Israel yang mulai terbentuk kembali pada tahun 1948. Peristiwa ini juga sudah dinubuatkan oleh nabi Yesaya dan Yeremia. (Yer 16:15, Yes 11:12, Yer 23:3).

Akhir Jaman Sudah Dekat
Setelah mengetahui tanda-tanda akhir jaman yang diajarkan Tuhan Yesus di bukit Zaitun, kita semakin sadar bahwa akhir jaman sudah sangat dekat sekali. Pohon ara sudah bertunas, dan Injil Kerajaan Allah sudah diberitakan di seluruh dunia. Karena itu, marilah kita lebih giat lagi berdoa dan senantiasa berjaga-jaga karena waktunya sudah sangat dekat. Haleluya Amin.

Baca: Matius 24


Yohanes di pulau Patmos? Mengapa Yohanes berada di sana? Nantikan pembahasan menarik ini di episode selanjutnya, hanya di WAHYU 9779.

©GBI Christ the Healer 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar