Senin, 26 Juli 2010

GEMPA BUMI MENGUNCANG CINA

Lagi-lagi bumi diguncang oleh bencana alam yang merenggut korban jiwa dalam jumlah yang besar, rentetan demi rentetan bencana silih berganti menerjang bumi ini. Dalam dua Bulan ini saja berulang-ulang bencana alam mengguncang penghuni bumi, setelah bencana badai Nagris di Myanmar yang merenggut ribuan korban jiwa, kemudian disusul dengan badai di Amerika, Gempa Bumi di Jepang dan sekarang kembali Bencana Gempa Dahsyat mengguncang China yang diperkirakan menelan ribuan korban jiwa.

Gempa dengan kekuatan 7,6 pada skala richter yang melanda China, Senin kemarin, mengakibatkan banyaknya korban jiwa yang diperkirakan hingga ribuan orang. Perkiraan tersebut didapat karena korban jiwa di Provinsi Sinchuan saja dikhawatirkan mencapai 3.000-5.000 orang.

Selain itu, menurut kantor berita Xinhua, di provinsi ini sedikitnya 10 ribu orang yang diperkirakan mengalami luka. Tidak hanya menelan korban jiwa yang begitu banyak, gempa dengan kekuatan besar ini dilaporkan juga merubuhkan 80 persen bangunan yang ada di Beichuan Qiang, Provinsi Sichuan. Diperkirakan juga ratusan orang diduga terkubur hidup-hidup setelah bangunan sekolah, pabrik, dan asrama di Shifang, barat daya Sinchuan, yang ada runtuh akibat gempa.

Gempa terburuk sebelumnya di China terjadi pada tahun 1976 di Tangshan yang menewaskan 300 ribu orang. Perdana Menteri Wen Jiabao tiba di Cengdu dan Presiden Hu Jintao memerintahkan usaha pertolongan sekuat tenaga. Di Washington, Presiden George W. Bush mengatakan bahwa AS siap membantu. Dia mengatakan duka citanya kepada mereka yang cedera maupun kepada keluarga para korban gempa. AS siap membantu dengan segala cara yang bisa dilakukannya

BADAI NAGRIS MENYERANG MYANMAR

Badai Nagris yang menyerang Koya Yangon, Myanmar pada Sabtu lalu menyisakan kehancuran di sekitar kota Myanmar. Akibat badai itu, pemerintah Myanmar memperkirakan sekitar 4000 orang tewas dalam peristiwa bencana tersebut, sementara 3000 orang lainnya hilang.

Badai siklon tropis Nagris yang terjadi di Ibukota Yangon ini berkecepatan 190 kilometer per jamnya. Lima daerah yang terkena bencana ini di antaranya Irrawady, Bago, Karen, dan Mondan. Sejumlah kota di daerah Delta Irrawady, Myanmar, rusak parah setelah dilalap badai siklon Nagris. Bangunan rusak, pohon tumbang, serta jembatan runtuh.

Akibat badai siklon Nagris ini, beberapa kota mengalami jaringan listrik, telepon, dan internet terputus serta pasokan air bersih tidak ada. Menteri Luar Negeri Nyan Win mengatakan dalam pertemuannya dengan perwakilan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) dan diplomat asing bahwa jumlah korban tewas dapat mencapai sekitar 10 ribu jiwa.

Pemerintah junta militer akhirnya secara resmi meminta bantuan dunia internasional. Sebelumnya, pemerintah sempat tidak memberikan izin bagi bantuan asing untuk masuk. Sejumlah lembaga internasional seperti, Palang Merah Internasional, World Food Program, Oxfam, Wolrd Vision, dan Save The Children menyatakan siap mengirim bantuan ke Myanmar. Bantuan pertama akan dikirimkan dengan kapal yang bertolak dari Thailand hari ini.

Peristiwa bencana ini merupakan bencana terburuk yang pernah terjadi di Myanmar. Pada tahun 1926 badai besar pernah melanda Myanmar dan menewaskan hampir tiga ribu orang. Meski terjadi bencana, pemerintah Junta militer belum berencana untuk memundurkan referendum untuk menentukan konstitusi yang dijadwalkan berlangsung pada 10 Mei mendatang

BADAI - IKE MENERPA KUBA

Badai Ike menerpa pantai wilayah selatan Kuba, Selasa (9/9) kemarin dengan kekuatan kategori satu. Badai dengan kategori satu dengan batasan kekuatan angin maksimal yang mencapai 130 kilometer per jam.

Akan tetapi, wilayah Teluk Meksiko harus bersiap diterpa badai yang lebih hebat. Karena, kemungkinan badai tersebut akan melonjak hingga mencapai kategori tiga. Sebelumnya, wilayah yang sama juga telah diterjang Badai Gustav. Bahkan beberapa hari mendatang sudah diprediksi akan munculnya Badai Yosephine di wilayah yang sama dengan jalur yang hampir mirip

BANJIR MENERJANG MANILA

Banjir merendam Manila akibat terjangan badai tropis Sinlaku, Rabu (10/9) kemarin. Badai yang menerpa wilayah utara Filipina tersebut membuat hujan lebat disertai angin kencang.Kekuatan angin dapat mencapai 140 kilometer per jam. Bahkan dapat menyentuh 170 kilometer per jam

GEMPA BUMI MENGUNCANG ISTAMBUL TURKI

Istanbul, Turki diguncang gempa dengan kekuatan 7,7 pada skala Richter. Demikian laporan hasil kerja sama pemerintah kota Istanbul dan Japan International Cooperation Agency yang dikeluarkan, Kamis kemarin ada 90 jiwa diperkirakan tewas. Selain korban jiwa, gempa kuat ini diperkirakan juga akan menyebabkan 135 orang mengalami luka parah dan setengah juta warga Istanbul akan kehilangan tempat tinggal. Sedangkan kerugian material diperkirakan mencapai US$40 juta.

Laporan ini dibuat empat ahli asal Jepang yang bekerja sama dengan 10 ahli asal Turki. Besarnya jumlah korban dihitung berdasarkan jumlah penduduk Istanbul yang mencapai 10 juta orang. Istanbul, seperti kebanyakan wilayah lain di Turki terletak di jalur utama gempa. Di masa lalu, beberapa kali, Istanbul diguncang gempa dengan kekuatan besar.

Menindaklanjuti prediksi ini, pemerintah kota Istanbul telah membuat rencana besar yang yang mencakup berbagai bidang dengan fokus menaksir kekuatan bangunan yang ada. Bahkan jika diperlukan, bangunan yang dinilai kurang kuat akan dirobohkan atau diperbaiki

GEMPA BUMI MENGONCANG SELANDIA BARU

Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,9 mengguncang wilayah timur North Island, Selandia Baru, Senin (25/8). getaran yang kuat menyebabkan kaca-kaca jendela pecah dan kerusakan ringan bangunan di Kota Hastings.

Meski demikian, sampai sejauh ini tidak dilaporkan adanya korban jiwa dan kerusakan parah akibat gempa tersebut. Badan pemantau gempa Selandia Baru (GNS Science) mencatat gempa terjadi pukul 11.25 waktu setempat atau 18.25 WIB.

Pusat Gempa 10 kilometer barat daya Hastings pada kedalaman 30 kilometer. GNS Science menyatakan pusat gempa yang dangkal mungkin penyebab getaran mengalir hingga daerah yang luas dan kerusakan bangunan.

Wilayah Selandia Baru, seperti Indonesia, selama ini dikenal sebagai cincin api yang berada di atas pertemuan lempeng-lempeng besar Bumi. Gempa terbesar berkekuatan 7,8 yang melanda Selandia Baru pada tahun 1931 memporakporandakan Kota Hastings dan Napier serta menewaskan 256 orang.

GEMPA MENGHANTAM PAKISTAN

Gempa kuat melanda kota Quetta, Pakistan barat laut, Rabu (29/10), akibat gempa tersebut sedikitnya 80 orang tewas.

Para pejabat mengatakan dua kali gempa terjadi pada Rabu pagi. Gempa pertama berkekuatan 5,0 pada skala Richter, terjadi pada pukul 04.33 waktu setempat dan gempa kedua berkekuatan 6,1 pada skala Richter terjadi pada pukul 05.10.

Sedikitnya 80 orang tewas dan 60 lagi mengalami luka-luka akibat gempa tersebut dan 500 rumah rusak. Menteri Urusan Provinsi Balochistan telah memerintahkan seluruh departemen untuk mengerahkan semua tenaga untuk mengevakuasi warga yang terkena dampak gempa tersebut.

Pemerintah Provinsi Balochistan telah menyerukan bantuan dari angkatan bersenjata untuk melakukan operasi bantuan. Badan Menteorologi Pakistan mencatat sedikitnya dua kali gempa kecil di Pakistan pada Oktober.

GEMPA MENGGUNCANG TIBET

Hanya berselang dua jam setelah gempa mengguncang Selandia Baru, gempa bumi berkekuatan besar juga mengguncang Tibet. Biro Urusan Gempa Tibet mencatat gempa yang terjadi Senin (25/8) malam berkekuatan 6,8 SR. Sampai saat ini, belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan yang ditimbulkan meskipun getaran sangat kuat dan meluas.

Sementara data Survei Geologi AS (USGS) mencatat gempa yang dirasakan hingga New Delhi, India itu memiliki kekuatan 6,3 dan berpusat pada kedalaman 35 kilometer. Gempa bumi tersebut terjadi pukul 21.22 waktu setempat atau sekitar pukul 20.22 WIB dan berpusat di daerah Zhongba, sebuah kawasan terpencil dekat perbatasan China-Nepal. Di darah yang masuk wilayah Xigaze, Tibet, itu berpenduduk sekitar 18.000 orang.

Gempa itu dirasakan kuat di sejumlah daerah perkotaan dan retak-retak terlihat di beberapa bangunan, kata Kantor Berita Xinhua, mengutip seorang pejabat dari daerah Zhongba. Xinhua melaporkan, pemerintah daerah masih melakukan pemantauan keadaan di daerah-daerah terpencil.

Gempa tersebut dirasakan hingga Nepal dan New Delhi, di mana bangunan-menurut saksi mata bangunan sampai bergoyang. Di Nepal, pemerintah setempat masih berusaha mencari informasi kemungkinan adanya korban dalam gempa tersebut. Orang-orang dilaporkan sampai berlarian keluar dari rumah mereka di Nepalgunj, 321 kilometer sebelah baratdaya Kathmandu, ibukota Nepal.

GEMPA MENGGUNCANG KYRGYZSTAN

Gempa bumi yang sangat kuat menewaskan kurang lebih 72 orang di Kyrgyzstan dan menghancurkan fasilitas, sarana dan prasarana umum serta puluhan rumah penduduk di kawasan pegunungan Selatan terpencil negara Asia Tengah itu, Kementerian Kesehatan Kyrgyzstan mengemukakan keterangan perihal tragedi bencana alam yang melanda negaranya terhadap publik. Pusat gempa tersebut berada di lembah Ferghana, sebuah daerah perdangan di sudut Tajikistan, Uzbekistan dan daerah barat jauh China, Xinjiang.

GEMPA MENGGUNCANG YUNANI

Gempa dengan kekuatan 6,5 pada Skala Richter mengguncang selatan Yunani, Minggu kemarin. Dalam gempa tersebut dilaporkan dua orang tewas dan 120 orang lainnya mengalami luka-luka. Pusat gempa yang getarannya dapat dirasakan di Athena, berada 54 kilometer barat daya kota Patras dengan kedalaman 10 kilometer.

Getaran gempa tersebut membuat para warga panik. Wali Kota Pygros, Makis Paraskevopoulos mengatakan bahwa getaran tersebut sangat mengerikan karena selama ini belum pernah merasakan hal seperti ini, getarannya cukup lama dan kami merasa seluruh kota bergoyang.

Polisi yang berada disana mengatakan bahwa lima gedung rubuh, saluran telepon terputus dan para warga memilih untuk berada di jalan-jalan. Para korban luka yang kebanyakan adalah orang yang melompat dari atas gedung akibat panik. Ada juga yang menyebutkan bahwa masih ada warga yang terperangkap di bawah reruntuhan gedung yang ambruk.

Gempa tersebut juga mengakibatkan jalan tol yang menghubungkan Athena-Patras terputus akibat tanah longsor. Selain itu juga gempa tersebut membuat menara pengawas pangkalan militer Yunani di Kota Andravida yang jarakanya dekat dengan pusat gempa mengalami kerusakan

GEMPA MENGGUNCANG LOS ANGELS

Amerika Serikat diguncang gempa, Selasa (29/7) waktu setempat atau Rabu (30/7) waktu Jakarta. Gempa dengan kekuatan 5,4 skala Richter yang getarannya sangat terasa dari Los Angeles (LA) hingga San Diego membuat para warga California selatan terkejut dan panik. Mereka seakan teringat akan rapuhnya wilayah mereka terhadap getaran seismik. Kekuatan gempa yang mencapai 5,4 Skala Richter dengan pusat gempa di Chino Hills 48 kilometer arah timur dari Los Angeles. Akibat peristiwa ini dilaporkan kerusakan kerusakan pada saluran air dan gas bawah tanah.

Los Angeles dan daerah selatan negara bagian California pada tahun-tahun sebelumnya juga pernah mengalami gempa bumi dengan skala kecil. Menurut penjabat walikota Los Angeles Wendy Greuel gempa ini mengakibatkan lima orang mengalami luka-luka dan sejumlah bangunan rusak ringan. Gempa dengan kekuatan terbesar, yaitu 6,7 Richter, dilaporkan pernah terjadi pada 17 Januari 1994, menewaskan 72 orang, melukai lebih dari 9 ribu lagi dan menyebabkan kerugian materil sebesar 25 juta dolar AS.

Pada gempa kali ini gedung-gedung sepanjang wilayah bergoyang dan mengeluarkan suara gemuruh, banyak karyawan dievakuasi sebagai tindakan pencegahan. Gempa utama kemudian diikuti 27 gempa susulan, mengguncang seluruh California dan Nevada. Menggetarkan kantor pemerintahan di San Diego, areal wisata Disneyland dan pemukiman sejauh Las Vegas.

Gubernur California Arnold Schwarzenegger mengatakan wilayahnya beruntung tidak terkena bencana besar. Berdasarkan hipotesis ilmuwan awal tahun ini, dikalkulasikan California memiliki kesempatan 99,7 persen diguncang oleh gempa dengan kekuatan 6,7 skala Richter atau lebih dalam 30 tahun ke depan. Lebih spesifik studi tersebut mengatakan gempa dengan skala 7,8 bisa meluluhlantakkan California dan menewaskan 1.800 orang mencederai lebih dari 50.000 orang. Tiga ratus ribu gedung hancur akibat gempa dengan kekuatan mengerikan tersebut.

GORONTALO DIGUNCANG GEMPA

Gempa dahsyat berjenis tektonik dengan kekuatan 7,7 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Gorontalo pada Senin dini hari pukul 01.00 (WITA). Menurut data dan keterangan yang diperoleh dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), gempa yang mengguncang Gorontalo terjadi tepatnya di 1,41 derajat LU, 122,18 derajat BT, dengan kedalaman sekitar 10 kilometer, dan pusat gempa berada di 138 kilometer barat laut Gorontalo atau di Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara serta berpotensi mengakibatkan tsunami.

Hingga saat ini belum diketahui laporan mengenai jumlah jatuhnya korban akibat bencana tersebut. Akibat gempa tersebut suasana kota Gorontalo termasuk di sekitar Hotel Paradise yang berada di jantung kota sangat panik. Warga yang menginap di hotel tersebut berhamburan keluar, bahkan ada sebagian yang pingsan karena shok. Hingga kini, sebagian besar warga Gorontalo memilih berada di luar ruangan karena masih terjadi gempa susulan.

MALUKU DIGUNCANG GEMPA

Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang tenggara Ambon, Maluku pada pukul 23.04 WIB, demikian dilaporkan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Jumat malam. Gempa yang terjadi pada kedalaman 133 kilo meter dan berada di koordinat 6.13 LS - 129.24 BT itu tidak berpotensi tsunami.

Titik sumber gempa itu berjarak sekitar 302 kilo meter tenggara Ambon, Maluku, 308 kilo meter barat laut Saumlaki, Maluku, 392 kilo meter barat daya Tual, Maluku, 488 kilo meter timur laut Dili, Timor Leste dan 492 kilo meter barat daya Fakfak, Irian Barat. Hingga berita ini diturunkan, BMG belum menyebutkan adanya korban jiwa serta kerusakan yang terjadi akibat gempa ini.

Sebagai negara yang menjadi pertemuan antara dua lintas sesar dunia, Indonesia dikenal sebagai Cincin Api "Ring of Fire" yang menyebabkan gempa tektonik kerap terjadi. Kawasan yang rawan gempa antara lain pesisir Sumatera bagian barat, turun ke pesisir selatan Jawa, berlanjut ke Nusa Tenggara, dan naik ke Sulawesi serta Maluku.

BENGKULU DIGUNCANG GEMPA

gambar diperoleh dari www.bbc.co.uk

Bengkulu, Jum'at dini hari (WIB) kembali Bengkulu diguncang gempa. Gempa yang terjadi di Bengkulu kali ini berkekuatan 5,4 skala richter dan diprediksi tidak menyebabkan terjadinya tsunami. Akan tetapi gempa yang mengguncang daerah Muko-muko ini sangat mengagetkan penduduk setempat. Karena kita ketahui bersama belum lama Bengkulu juga mendapat musibah hebat atas terjadinya gempa.

Getaran yang terjadi terasa hingga Padang - Sumatera Barat dan Jambi. Dari catatan Badan Meteorologi dan Geofisika, pusat gempa berasal dari 2,92 lintang selatan hingga 100,90 bujur timur dengan kedalaman 54 kilometer dari permukaan laut. Pusat gempa diketahui sekitar 44 kilo meter barat daya Muko-muko Bengkulu.

YOGJAKARTA DIGUNCANG GEMPA

Pada Rabu malam (20/8) sekitar pukul 23.10 WIB, Yogyakarta dan sekitarnya diguncang gempa. Goyangan gempa membuat warga DI Yogyakarta bangun dari tidurnya. Yogya diguncang gempa berkekuatan 3,2 skala Richter (SR). Gempa ini memang mengejutkan warga Yogyakarta, karena terjadi pada malam hari pada saat warga sedang tertidur.

Data dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) yang didapatkan, gempa berpusat di koordinat 9 LS-111.24 BT, sekitar 135 KM tenggara Wonogiri - DIY. Gempa dirasakan sangat kuat oleh warga Yogya. Pusat kedalaman gempa 10 KM di bawah permukaaan laut.

Gempa ini terjadi dari aktifitas sesar minor di daerah Bantul, tetapi BMG belum bisa memastikan sesar yang mana, karena di daerah itu banyak terdapat sesar. Gempa kali ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami, sehingga masyarakat sekitar pantai tidak perlu panik.

PADANG DIGUNCANG GEMPA

Warga Kota Padang, Sumatra Barat, Minggu (16'08) dikejutkan oleh gempa bumi yang berkekuatan 6,9 Skala Richter, sekitar pukul 14.40 waktu setempat. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, pusat gempa terletak di kedalaman sekitar 32 kilometer. Meski gempa ini lumayan besar, namun BMG memastikan tak menimbulkan terjadinya potensi gelombang tsunami. Hingga berita ini dimuat, belum diketahui jumlah korban jiwa maupun materi yang diakibatkan gempa tersebut

GEMPA GUNCANG LOMBOK. NTB

Belum pulih benar memori serta trauma yang dialami masyarakat kita saat dilanda bencana alam khususnya korban gempa bumi yang dialami oleh masyarakat di Tasikmalaya, Jawa Barat dan Padang, Sumatera Barat. Baru-baru saja gempa berkekuatan 6,7 Skala Richter mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB), sekitar pukul 02.41 WIB, dengan perkiraan kedalaman sekitar 25 kilometer. Meski tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami, gempa membuat warga panik. Berdasarkan data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), pusat gempa terletak 28 km BaratLaut Raba-NTB , 139 km BaratLaut Labuhan Bajo-NTT , 139 km TimurLaut Sumbawa Besar-NTB , 206 km BaratLaut Ruteng-NTT , 208 km TimurLaut Taliwang-NTB. Gempa di ketahui menimbulkan kerusakan sejumlah bangunan dan rumah warga, namun belum diketahui apakah ada korban jiwa atau tidak atas bencana alam terseb

GEMPA GUNCANG P. NIAS

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan 5,9 skala Richter (SR) di Nias, Sumatera Utara, Selasa pukul 02.21 WIB. Menurut BMG, gempa tersebut terjadi pada kedalaman 24 kilometer dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Lokasi gempa berada pada 1,35 derajat Lintang Utara dan 97,07 Bujur Timur.

Pusat gempa tersebut dilaporkan berada di 59 kilometer barat laut Gunung Sitoli Pulau Nias (Sumut) dan 130 kilometer barat daya Singkilbaru, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Pusat gempa itu juga berjarak 148 km tenggara Sinabang (NAD) dan 212 km barat daya Tapaktuan (NAD). Gempa itu dapat dirasakan di Gunung Sitoli.

Pada Selasa, pukul 02.57 WIB, gempa 4,2 SR juga terjadi di Nias pada kedalaman 27 kilometer dengan lokasi 1,49 derajat LU dan 97,4 derajat BT. Pusat gempa ini berada di darat, 31 kilometer barat laut Gunung Sitoli dan dapat dirasakan di Gunung Sitoli.

Berdasarkan laporan BMG, pada 1 Oktober 2008, gempa berkekuatan 5,3 SR juga dilaporkan terjadi di perairan barat daya Nias, Sumut. Gempa itu terjadi pada kedalaman 50 kilometer dan pusat gempa pada 95 kilometer barat daya Gunung Sitoli Nias, Sumut.

YESUS BERKATA : ANAK-ANAK-KU!!! 'BERTOBATLAH SEBAB KERAJAAN SORGA SUDAH DEKAT "

KALAU SAAT INI ENGKAU TELAH MENINGGALKAN YESUS ....SEKARANG INILAH WAKTUNYA UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN ...DAN KEMBALILAH KEPADA YESUS

DIA BERKATA : TIDAK SEORANGPUN DAPAT MASUK KEDALAM KERAJAAN SORGA KALAU TIDAK MELALUI AKU ( YESUS TUHAN )

YESUS MENGASIHIMU, JANGAN SAMPAI TERLAMBAT PINTU ANUGERAHNYA MASIH TERBUKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar